PROGRAM STUDI AKHWAL AL-SYAKSIYYAH PASCASARJANA IAIN KENDARI MENGGELAR KEGIATAN KULIAH TAMU

Kendari, 17 November 2021

Kegiatan Kuliah tamu yang diadakan oleh Prodi Hukum Keluarga Pasacasjana IAIN kendari yang menghadirkan Prof. Dr. H. Ridwan, M.Ag Wakil Rektor II IAIN Purwakarta dengan tema : politik Hukum diindonesia ; (transformasi hukum islam kedalam hukum nasional).  

Prof. Dr. H. Ridwan, M.Ag dalam penyampaiannya bahwa,  Posisi hukum islam diindonesia merupakan salah satu elemen pendukung selain hukum adat dan hukum barat. Hukum islam telah ikut serta memberikan kontribusi norma-norma dan nilai hukum yang berlaku dalam kehidupan masyarakat Indonesia yang heterogen.

Hukum sebagai kesatuan norma yang mengatur Recht object, yakni masyarakat yang harus selalu terbuka terhadap perkembangan, Hukum tidak boleh statis pada suatu titik tapi harus mengikuti perkembangan masyarakat.

Transforms hukum Islam di Indonesia merupakan suatu pergumulan kreatif antara Islam dengan masyarakat Indonesia, antara nilai-nilai keislaman dan Keindonesiaan. Proses kompromi, negoisasi dan akomodasi bagian dari proses transformasi dan legislasi hukum (taqnin). Dalam perkembangan pemikiran hukum Islam dikenal empat produk pemikiran hukum Islam yaitu fiqh, fatwa, keputusan pengadilan agama dan qanun.

Masing-masing produk pemikiran tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda, baik pada aspek subjek (pembuat hukumnya), objek (masalah hukum yang akan dijawab/diputuskan) serta daya ikat / kekuatan hukumnya

Pada kuliah tamu yang dihadiri oleh mahasiswa pasacarjana baik prodi Hukum sendiri maupun prodi-prodi yang lain ada sekitar 100 peserta, Pada kuliah tamu tersebut ketua prodi Hukum Keluarga Dr. Ashadi L. Diab, MA,M.Hum mewakili direktur dalam sambutannya menyampaikan bahwa, kegiatan kuliah tamu ini sangat penting dilakukan untuk memberikan informasi-informasi baru terkait dengan perkembangan hukum dan semangat serta motivasi kepada mahasiswa pascarjana IAIN Kendari, kaprodi berharapa kegiatan seperti ini terus digiatkan untuk engembangan ilmu pengetahuan khususnya yang berkaitan langsung dengan keprodian. (Admin)