Opini Mahasiswa : Perkembangan Bank Syariah di Indonesia  melalui Pelaksaan Prinsip Syariah dalam Kegiatan  Penghimpunan Dana

PENULIS : RATNA (MAHASISWA PASCASARJANA IAIN KENDARI)

Bank syariah merupakan salah satu jenis perbankan di Indonesia yang menerapkan prinsip-prinsip syariah dalam kegiatannya dan usahanya. Saat ini dalam kegiatan usaha sebagai penghimpuna dana juga sudah memiliki peraturan yakni Peraturan Bank Indonesia Nomor 9/19/PBI/2007 tentang Pelaksanaan Prinsip Syariah dalam Kegiatan Penghimpunan Dana dan Penyaluran Dana serta Pelayanan Jasa Bank Syariah. Prinsip syariah merupakan aturan dasar atau pokok yang berdasarkan hukum Islam. Prinsip ini menjadi landasan dan acuan dalam mengatur hubungan antara perbankan dan pihak-pihak lain serta di dalam usaha menghimpun dan menyalurkan dana dan aktivitas perbankan syari ah lainnya. Selain itu dalam operasional perbankan syari ah pada prinsipnya dapat melakukan kegiatan usaha sepanjang tidak bertentangan dengan petunjuk dan ketentuan syari ah peraturan perundang-undangan yang berlaku serta persetujuan Bank Indonesia dan Dewan Syari ah Nasional.

Saat ini bank jasa perbankan di Indonesia terus berkembang dengan menyediakan berbagai produk beragam prodak dan layanan jasa perbankan yang beragam dengan skema keuangan yang lebih bervariatif, perbankan syariah menjadi salah satu alternatif sistem perbankan yang kredibel yang bisa dinikmati oleh seluruh golongan masyarakat Indonesia tampa terkecuali. Salah satu produk layanan jasa perbankan yang ditawarkan melalui kegiatan penghimpunan dana berupa tabungan (wadiah dan mudharabah) , giro (wadiah) dan deposit (wadiah dan mudharabah). Prinsi penghimpunan dana dengan mengedepankan prinsip syariah pada penghimpunan dananya yakni prinsip wadiah dan mudharabah.

Berbicara terkait penerapan prinsip syariah pada layanan jasa perbankan syariah di Indonesia, maka kita berbicara mengenai hukum yang dapat diadikan sebagai panduan juga sebagai landasan serta batasan dalam kegiatan usahanya berdasarkan sistem dan prinsip syariah. Realita saat ini terkait dengan penerapan prinsip syariah pada bank syariah di indonesia cukup berkembang. Perkembangan syariah di indonesia akan terus berkembang seiring dengan perkembangan ekonomi halal dunia karena indonesia memiliki potensi yang besar. Perkembangan perbankan syariah Indonesia akan terus melaju apabila ekosistem ekonomi syariah terintegrasi dengan kuat dan didukung oleh berbagai pihak, baik yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam industri perbankan syariah.

Penghimpuan dana pada bank syariah di indonesia terus mengalami peningkatan dan dapat dikatakan berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari beberapa tolak ukur yang menunjukan bahwa penghimpunan dana pada bank syariah di Indonesia berjalan dengan baik antara lain : pertumbuhan industri perbankan syariah mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Banyak bank syariah yang telah muncul dan terus berkembang, kemudian adanya regulasi dan pengawasan yang mendukung pengembangan bank syariah seperti lembaga Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memiliki peran penting dalam mengawasi dan mengatur operasional bank syariah untuk memastikan kesesuaian dengan prinsip syariah, peningkatan kesadaran masyarakat terhadap keuangan syariah juga meningkat. Semakin banyak masyarakat yang memilih produk dan layanan perbankan syariah sebagai bentuk dukungan terhadap prinsip-prinsip syariah, adanya diversifikasi produk dan layanan yang mana Bank syariah di Indonesia terus berinovasi dengan memperkenalkan produk dan layanan baru yang sesuai dengan prinsip syariah. Ini mencakup produk tabungan, deposito, pembiayaan, dan investasi syariah. Meskipun demikian perkembangan perbankan syariah melalui prodak layanan jasa berupa penghimpunan dana dengan prinsip syariah tidak lepas dari tantangan dalam pengembangan di khalayak umum. Tantang yang dimaksud berupa tantangan seperti kurangnya pemahaman masyarakat mengenai produk dan layanan perbankan syariah, serta kekhawatiran terkait dengan ketersediaan produk yang sesuai dengan prinsip syariah, yang masih perlu diatasi. Kemudian penting untuk terus memonitor perkembangan industri perbankan syariah di Indonesia dan mendorong edukasi finansial yang lebih baik agar masyarakat dapat memahami manfaat dan kebijakan prinsip syariah dalam konteks perbankan. Selain itu, penerapan teknologi dan inovasi dapat membantu memperluas akses dan meningkatkan pengalaman nasabah di sektor perbankan syariah.