Program Studi S2 MPI Pascasarjana IAIN Kendari Sukses Gelar Pengabdian Masyarakat dengan Tema “Servant Leadership di Kab. Konawe Kepulauan

Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam (S2 MPI) Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari menggelar kegiatan pengabdian masyarakat di Kabupaten Konawe Kepulauan dengan tema “Servant Leadership”. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jum’at, 07/06/2024 di Aula Serbaguna Kab. Konawe Kepulauan dan dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Direktur Pascasarjana IAIN Kendari Dr. La Hadisi, M.Pd.I, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Konawe Kepulauan Hasrun Taleo, S.Pd.I,M.Pd, Ketua Prodi S2 MPI Dr. Mansyur, M.Pd, serta para Pegawai dan staff di Lingkup Kementerian Agama Kab. Konawe Kepulauan.

Dalam sambutannya Direktur Pascasarjana IAIN Kendari Dr. La Hadisi, M.Pd.I menyampaikan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan wujud nyata komitmen Pascasarjana IAIN Kendari dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. “Kami berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan keagamaan di Kabupaten Konawe Kepulauan,” ujarnya.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diisi dengan seminar bertema “Servant Leadership: Menumbuhkan Pemimpin Pelayan di Era Milenial”. Seminar ini menghadirkan narasumber utama yaitu Kepala Kantor Kemenag Kab. Konawe Kepulauan Hasrun Taleo, S.Pd.I,M.Pd. Dalam materinya, Hasrun Taleo menjelaskan tentang konsep Servant Leadership dan bagaimana menerapkannya dalam Proses pelayanan dalam sebuah lembaga.

Hasrun Taleo “Servant Leadership adalah suatu aspek yang sangat penting pada sebuah lembaga yang bertugas memberikan pelayanan”

Servant Leadership merupakan gaya kepemimpinan yang berfokus pada melayani orang lain. Pemimpin Servant Leadership selalu mengutamakan kepentingan orang lain dan berusaha untuk membantu mereka mencapai potensi terbaiknya. Gaya kepemimpinan ini sangat relevan untuk diterapkan di era milenial, di mana generasi muda membutuhkan pemimpin yang inspiratif dan suportif.

Para peserta sangat antusias mengikuti pemaparan materi dari narasumber. Mereka mengajukan berbagai pertanyaan dan berdiskusi dengan narasumber mengenai penerapan Servant Leadership dalam konteks pekerjaan dan pengembangan lembaga.

Selain seminar, kegiatan pengabdian masyarakat ini juga dirangkaikan dengan Penandatangan Kerja Sama (PKS) antara Pascasarjana IAIN Kendari dan Kemenag Kab. Konawe Kepulauan. PKS ini dalam bentu Tridharma Perguruan Tinggi dan Pengembangan Lembaga. Diharapkan kerjasama ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan, Pelayanan dan keagamaan di Kabupaten Konawe Kepulauan.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan wujud nyata komitmen Prodi S2 MPI Pascasarjana IAIN Kendari dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di Kabupaten Konawe Kepulauan dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Penulis : Muhammad Reski

Editor : Ahmad Ghifari Tetambe