Prodi Akhwal Al Sykahsiyah Pascasarjana IAIN Kendari menyelenggarakan kegiatan pengabdian Prodi berbasis moderasi beragama

Foto Bersama Narasumber dan Peserta Kegiatan Pengabdian Prodi Berbasis Moderasi Beragama

Kolaka, 20 November 2021 – Dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi,  Prodi Akhwal Al Sykahsiyah/Hukum Keluarga Pascasarjana IAIN Kendari menyelenggarakan kegiatan pengabdian Prodi berbasis moderasi beragama yang dilaksanakan di kabupaten Kolaka selama 5 hari, 17 November s/d 22 November 2021 .

Tim PKM berbasis prodi ini diketuai langsung oleh Ka. Prodi Akhwal Al Sykahsiyah dan melibatkan beberapa dosen juga pengelola pascasrjana serta melib必利勁 atkan mahasiswa Prodi Hukum Keluarga Pascarajana. Dalam kegiatan ini menyasar perserta mulai dari penyuluh agama, masyarakat, serta adek-adek mahasiwa S1. Kegiatan ini juga didukung oleh tokoh masyarakat Kecamatan Kolaka Kabupaten Kolaka dengan tetap menerapkan Protokol kesehatan.

Penyampaian Materi oleh salah satu Narasumber Dra. Andi Nurwahida, MM

Kegiatan PKM ini dibuka oleh Kaprodi Akhwal Al-Syakhsiyyah/Hukum Keluarga, Dr. Ashadi L Diab, MA, M.Hum dalam sambutannya mengatakan, sangat memberikan apresiasi kepada para peserta atas keikut sertaannya dalam kegiatan ini, sekaligus ingin memperkenalkan lebih luas program pasacsarjana IAIN kendari kepada masyarakat, beliau mengatakan moderasi beragama bukan hal asing dalam upaya meneguhkan beragama, berbangsa dan bernegara.

Sosialisasi Moderasi beragama penting untuk memberikan pemahaman wawasan sehingga Islam Rahmatan Lil Alamin bisa berjalan dengan baik. Beliau menambahkan bahwa, Kampus sejatinya memiliki fungsi pendidikan yang mampu mempersiapkan warga bangsa berperspektif moderasi beragama serta mampu mempersiapkan penguatan-penguatan selanjutnya.

Dalam acara ini menghadirkan lima Narasumber, Drs. H. Muh. Bakri, SH, MH (Asisten 1 Kolaka), Drs. Wardi, MSi, (Asisten 3 Kolaka), Dra. Andi Nurwahida, MM (Kepala BKD Kolaka), Drs. Abdul Rahim Harun, M.Si (Kadis Diknas Pendidikan Kolaka, dan Ketua MUI Kolaka. Materi yang disampaikan oleh narasumber kesemuanya menekankan pada aspek untuk menjaga persatuan masyarkat Indonesia yang majemuk ini dari berbagai perspektif dan berharap kegiatan-kegiatan seperti ini terus digalakkan oleh Kampus.