IAIN Kendari Menjadi Tuan Rumah Pelaksanaan The 5th ACIEM dan Temu Tahunan PPMPI ke-10.

Institut Agama Islam Negeri Kendari menjadi tuan rumah pertemuan Perkumpulan Pengurus Manajemen Pendidikan Islam se-Indonesia pada Kamis, 11-13 Mei 2023. Hadir dalam pertemuan tersebut Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara Bapak Dr. H. lukman Abunawas, S.H, M.Si, M.H dan Wakil Rektor I IAIN Kendari Dr. Husain Insawan, M.Ag sekaligus membuka kegiatan The 5th ACIEM dan Temu tahunan PPMPI Ke 10.

Dalam sambutannya, Bapak Dr. H. lukman Abunawas, S.H, M.Si, M.H yang juga merupakan seorang akademisi sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurut Beliau kegiatan The 5th ACIEM dan Temu tahunan PPMPI Ke 10 memberikan dampak positif terhadap peningkatan kualitas akademik di Provinsi Sulawesi Tenggara khususnya di Lingkup IAIN Kendari.

Dalam forum tahunan itu, Ketua PPMI, Dr. Sri Rahmi, M.A menyinggung masalah akreditasi Program Studi MPI pada seluruh peserta temu tahunan PPMI ke-10. Ia mendorong kolaborasi antar prodi MPI di perguruan tinggi keislaman agar mendapat akreditasi unggul. Ini penting dilakukan jika semua prodi MPI ingin go internasional.

Ada banyak pembahasan dalam forum PPMPI tersebut. Satu diantaranya adalah kurangnya reviewer jurnal dari pusat yang berlatar belakang disiplin ilmu manajemen pendidikan. Akibatnya, penelitian-penelitian yang bersifat terapan kurang mendapat perhatian.

Di samping itu, Kasubdit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat PTKI Muhammad Aziz Hakim, M.H sebagai Narasumber utama dalam kegiatan tersebut menguraikan banyak hal mengenai kebijakan, regulasi kepangkatan dosen, dan orientasi masa depan perguruan tinggi keagamaan Islam negeri dan swasta yang ada di bawah naungan Kementerian Agama. Dalam paparannya, Beliau juga menyinggung masalah moderasi beragama. Katanya, Kementerian Agama saat ini sedang menggagas konsep pengarusutamaan moderasi beragama di media sosial melalui kolaborasi website resmi antar perguruan tinggi berupa artikel populer.

Selama ini karya tulis ilmiah dosen belum mampu mewarnai wacana keislaman yang moderat lantaran dianggap sulit dipahami oleh pembaca dari berbagai kalangan. Oleh karena itu Kasubdit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat PTKI berharap karya tulis ilmiah dosen nantinya akan ditulis ulang dalam bentuk artikel populer agar mudah dipahami oleh semua netizen.

Sebagai akhir dari rangkaian kegiatan The 5th ACIEM dan Temu tahunan PPMPI Ke 10 adalah pelaksanaan city tour dimana para peserta diajak untuk menikmati keindahan objek wisata air terjun Moramo dan Pulau Bokori serta beberapa tempat yang menjadi icon dari Kota Kendari diantaranya Masjid Terapung AL Alam dan Jembatan Teluk Kendari.