MENGENAL DR. HUSAIN INSAWAN, M.AG REKTOR IAIN KENDARI PERIODE 2023-2027

 

Dr. Husain Insawan Merupakan Rektor IAIN Kendari Periode 2023-2027. Beliau dilantik Bersama dengan 5 Rektor PTKN Lainnya yakni Dr. Olivia C. Wuwung, ST,M.Pd sebagai Rektor IAKN Manado, Prof. Dr. Ismail Fahmi AN, MA sebagai Rektor IAIN Langsa, Dr. Abbas Langaji, M.Ag Sebagai Rektor IAIN Palopo, Prof. Dr. Ahmad Dakhodir, S.HI,M.HI sebagai Rektor IAIN Palangkaraya, dan Dr. Ahmad Rajafi, M.HI Sebagai Rektor IAIN Manado.

Pelantikan dilaksakan pada Jum’at (16/6/2023) oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas di ruang OR Kantor Kementerian Agama Jalan Lapangan Banteng Barat No. 3-4 Jakarta.

Dr. Husain Insawan lahir di Kendari pada tanggal 17 Agustus 1973, sebelumnya merupakan Wakil Rektor I di IAIN Kendari, Pria yang memiliki kesan santun dan humble ini diketahui pernah menempuh Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kendari pada tahun 1985, Madrasah Tsanawiyah Negeri Kendari pada Tahun 1988, dan Pendidikan Guru Agama Negeri Kendari Pada Tahun 1991.

Pada Tahun 1996 beliau melanjutkan Pendidikan di Fakultas Tarbiyah IAIN Alauddin Kendari yang saat itu merupakan kampus filial dari IAIN Alauddin Makassar dengan mengambil Bidang Studi Pendidikan Bahasa Arab. Pada tahun 2000 Melanjutkan Magister Bidang Pendidikan Islam di Universitas  Muhammadiyah Malang dan pada Tahun 2010 Menyelesaikan Studi Doktor Bidang Syariah/Hukum Konsentrasi Ekonomi Syariah di UIN Alauddin Makassar.

Dr. Husain Insawan juga tercatat pernah menjadi Ketua TIM Transformasi Kelembagaan STAIN Ke IAIN Kendari Tahun 2007-2014

Ketua TIM Transformasi dari IAIN Ke UIN Kendari Tahun 2019 – Sekarang

Reviewer Journal Islamic Bussines and Financing Asian Islamic University Association, Reviewer Journal Islamic Discourses UIN Alauddin Makassar, dan Dewan Redaksi Jurnal IAIN Kendari

Beliau juga merupakan Dewan Penasehat Pengurus Cabang Gerakan Pemuda Anshor (GP Anshor) Kota Kendari.

Selain Aktif di berbagai Lembaga Organisasi, Dr Husain Insawan juga telah Menulis Ratusan karya tulis berupa buku dan artikel.

Karya buku yang dihasilkan diantaranya, Pembaharuan di Dunia Muslim: Melacak Jaringan Wahabi di Indonesia, Shadra Press, Kendari, 2004

Metodologi Studi Islam: Multi Pendekatan dan Model, HISPISI, Kendari, 2011

Spektrum Syariah dan Hukum, Membumi Publishing, Makassar, 2009

Etika dan Prosedur Operasional Perbankan Syariah, HISPISI, Kendari, 2010

Norma Etika Sistem Perbankan Syariah, HISPISI, Kendari, 2011

Modul Islam dan Integritas, Tirilntegrity Works, Jakarta, 2013

Perbankan Berbasis Nilai Etika, 2017

Adapun Karya Tulis Ilmiah Berupa Jurnal diantaranya:

Al-Ijarah dalam Perspektif Hadits:Kajian Hadits Dengan Metode Maudhui ( Jurnal Li Falah Tahun 2018)

Peranan ZIS dalam Menata Perekonomian dan Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat (Jurnal Li Falah Tahun 2017)

Productive and Distribution Zakat Effectiveness in Poverty Reduction ( North Asian International Journal of Multidisciplinary Tahun 2016)

Pendidikan Life Skill Komunitas Santri Melalui Budidaya Jamur Merang Berbasis Enterpreneurship di Pondok Pesantren Al Jannah Konawe Selatan (Jurnal Al-Izzah Tahun2016)

Respon Islam Terhadap Peradaban Barat Modern (Shautut Tarbiyah, 2012)

Transformasi Sebuah Tradisi Intelektual: Asal Usul Pendidikan Islam Pada Masa Awal Sejarah Islam (Shautut Tarbiyah, 2013)

Selain itu Dr. Husain Insawan juga membuat sebuah karya riset  berupa Rancanagn Teoritis Paradigma Keilmuan Transdisipliner IAIN Kendari Tahun 2017.