Kuliah Umum Pascasarjana: Pembaruan Islam di Hukum Keluarga

Prof. Dr. H. Khoiruddin Nasution, M.A, Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga (SUKA), Yogyakarta, berkesempatan memberikan kuliah umum Pascasarjana IAIN Kendari, Rabu, 15 November 2023. Ia secara spesifik membahas topik tentang “Pembaruan Islam di Hukum Keluarga”.

Menurut Prof Khoiruddin, Islam adalah agama pembaruan yang selalu relevan dengan konteks zaman. Pembaruan Islam itu juga terjadi dalam aspek Hukum Keluarga. Bahwa dalam relasi suami istri, tidak ada dominasi sepihak di antara keduanya.

Ia memberi contoh betapa pada zaman Arab jahiliah laki-laki bisa menikahi perempuan sesuka hati tanpa dibatasi oleh aturan-aturan agama. Disebutkan bahwa ada beberapa jenis pernikahan pada zaman jahiliah, yakni nikah waris, nikah syighar, dan nikah titip.

Beberapa jenis pernikahan itu, lanjut Prof. Khoiruddin, berangkat dari satu tradisi yang melihat perempuan sebagai makhluk yang tidak memiliki harkat dan martabat kemanusiaan.

“Namun, Islam datang mengubah dari kondisi sebelumnya tidak memenuhi hak-hak perempuan, menjadi lebih adil dan proporsional,” jelas Prof Khoiruddin.

Dijelaskan bahwa Alquran berbicara tentang perempuan, pernikahan dan hak. Dalam pada itu, Islam memberikan satu aturan yang adil dan proporsional antara suami istri dalam ikatan keluarga.

“Pembaruan Islam dalam konteks hukum keluarga, misalnya, dari yang dominan patriarki menjadi lebih setara (equality),” katanya.

Dengan demikian, orientasi berkeluarga jadi lebih bertanggung jawab termasuk pada pendidikan, nafkah, dan sosialisasi. “Maka implementasikan fungsi keluarga menjadi salah satu faktor menciptakan keluarga yang sakinah,” harap Prof Khoiruddin.

Hadir dalam kuliah umum tersebut adalah Dosen dan Mahasiswa Pascasarjana IAIN Kendari. Acara dibuka oleh Wakil Rektor I, Dr. Jumardin La Fua, S.Si dan ditutup oleh Direktur Pascasarjana IAIN Kendari, Dr. La Hadisi, M.Pd.I.

Dalam penutupan kuliah umum, Dr. La Hadisi menyampaikan terimakasih kepada pemateri lantaran berkenan membagi ilmunya kepada mahasiswa-mahasiswa Pascasarjana IAIN Kendari. 

Penulis : Muh. Rezky

Editor : Ahmad Ghifari Tetambe