Pascasarjana Gelar Klinik Pembuatan Buku, Rektor IAIN Kendari: Agar Akademisi tidak Seperti Menara Gading

Pascasarjana IAIN Kendari menggelar kegiatan “Klinik Pembuatan Buku Dosen dan Mahasiswa” pada Senin, 20 November 2023 di Aula Pascasarjana IAIN Kendari. Hadir sebagai pemateri yaitu Dr. Sulaeman Ibrahim, M.A dan Dr. Ambar Sri Lestari, M.Pd.

Saat membuka kegiatan, Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Husain Insawan, M.Ag, menyinggung masalah akademisi yang kurang minat terhadap pembuatan buku. Menurutnya, selama ini banyak dosen yang hanya fokus pada pembuatan karya tulis ilmiah berupa artikel jurnal.

“Jika dilihat dari sisi angka kredit, buku merupakan karya tulis ilmiah yang memiliki bobot lebih tinggi dari artikel jurnal,” katanya. Dengan kata lain, menghasilkan karya tulis berupa buku sama dengan mempercepat proses kenaikan pangkat para akademis.

Dilihat dari sudut pandang mahasiswa, lanjut Rektor, menghasilkan karya berupa buku merupakan tuntutan akademik. Oleh karenanya, buku bagi mahasiswa pada dasarnya adalah tuntutan yang harus dipenuhi.

“ Oleh karena itu klinik pembuatan buku ini tepat dilaksanakan di Pascasarjana ini,” tegas Rektor. Rektor juga menyampaikan bahwa ada banyak cara bagi akademisi dan mahasiswa menghasilkan buku mengingat perkembangan teknologi sangat membantu untuk itu.

Namun demikian, meski ebook bertebaran dalam jagat internet, banyak juga pembaca buku yang lebih nyaman ketika baca buku yang dicetak daripada dibaca melalui gadget atau laptop. “Maka jangan lupakan buku cetak,” ujar Prof Husain, sapaan akrab Rektor IAIN Kendari.

Di samping itu, Rektor juga menjelaskan mengenai peran akademisi sebagaimana amanat tridarma perguruan tinggi. Penelitian yang dituangkan dalam artikel jurnal wajib dilaksanakan agar akademisi tidak seperti menara gading yang ilmunya jauh dari kebermanfaatan kepada masyarakat.

Di saat yang sama, Direktur Pascasarjana, Dr. La Hadisi, M.Pd.I menekankan pentingnya dosen dan mahasiswa mengikuti kegiatan klinik pembuatan buku. Sebab, menghasilkan karya tulis ilmiah merupakan kerja-kerja intelektual yang melekat dalam diri dosen dan mahasiswa.

“Ini adalah dasar mengapa kegiatan klinik pembuatan buku wajib dilaksanakan.”

Penulis : Muh. Reski

Editor : Ahmad Ghifari Tetambe