Rektor Ingatkan Mahasiswa Kuasai Bahasa Asing jika Ingin Terlibat dalam Pergaulan Internasional

Pascasarjana IAIN Kendari menggelar kegiatan “Workshop Penguatan Bahasa Toefl dan Toafl” pada Selasa, 21 November 2023 di Aula Pascasarjana IAIN Kendari. Hadir sebagai pemateri yaitu Dr. Mohammad Ahsanuddin, S.Pd., M.Pd dan Deddy Amrand, S.S., M. TESOL., Ph.D.

Workshop tersebut juga dihadiri oleh Rektor IAIN Kendari, Prof. Dr. Husain Insawan, M.Ag, Direktur Pascasarjana, Dr. La Hadisi, M.Pd.I, para Kaprodi, dosen dan mahasiswa Pascasarjana IAIN Kendari.

Dalam sambutannya Prof. Dr. Husain Insawan, M.Ag, menjelaskan pentingnya penguasaan bahasa asing di tengah runtuhnya batas-batas geografis oleh karena kemajuan teknologi mampu membuat umat manusia bisa berinteraksi dengan siapa saja tanpa harus bertemu langsung secara fisik.

“Kita bahkan bisa terlibat aktif dalam pergaulan internasional manakala bahasa asing, terutama Bahasa Inggris benar-benari kita kuasai. Penguasaan bahasa asing jadi modal utama kita saat ini,” kata Rektor.

Bukan hanya itu, dengan menguasai bahasa asing misalnya Bahasa Arab, lanjut Rektor, kita bisa dengan mudah memahami istilah-istilah dalam ilmu Ekonomi Syariah dan disiplin ilmu lain yang menggunanakan isitlah-istilah Bahasa Arab.

Rektor juga membahas peluang beasiswa studi lanjut ke luar negeri terbuka lebar bagi mahasiswa yang menguasai bahasa asing. Beasiswa LPDP adalah salah satu contohnya. “Saya berharap ada mahasiswa Pascasarjana yang bisa lanjut program doktoralnya di luar negeri,” ucap Prof Husain.

Adapun Direktur Pascasarjana, Dr. La Hadisi, M.Pd.I menegaskan bahwa workshop tersebut merupakan bagian dari upaya Pascasarjana untuk memfasilitasi mahasiswa dalam hal penguasaan bahasa. Sebab, dunia kerja saat ini pun menuntut penguasaan bahasa asing guna peningkatan pelayanan berkualitas.

Namun demikian, lanjut Dr. La Hadisi, workshop penguatan toefl dan toafl ini tidak untuk pemenuhan syarat kelulusan belaka. “Yang penting lagi adalah benar-benar menguasai Bahasa Inggris dan Arab sebagai suatu kebutuhan,” pungkas Dr. La Hadisi.