Laksanakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat berbasis Prodi Ekonomi Syariah, Rektor IAIN Kendari Mengedukasi Guru dan Pegawai di Kab. Bombana tentang Wawasan Ekonomi Syariah

Rektor IAIN Kendari, Dr. Husain Insawan, M.Ag, didampingi oleh Kaprodi Ekonomi Syariah Pascasarjana, Dr. Wahyuddin Maguni, S.E,M.Si, melakukan pengabdian masyarakat berbasis program studi di Kab. Bombana, Senin, 11 September 2023.

Kepada guru-guru Madrasah Kab.  Bombana, Dr. Husain Insawan, M.Pd menyampaikan soal penguatan ekonomi berbasis potensi lokal dan literasi ekonomi syariah.

Menurutnya, sebagaimana namanya, ekonomi syariah harus berbasis pada prinsip-prinsip yang sesuai dengan aturan syariah. Misalnya, produk yang dihasilkan harus teruji halal.

Usaha lain seperti bisnis walet misalnya, merupakan salah satu peluang potensi lokal yang menjanjikan dan cocok dengan alam Bombana. Bisnis ini bisa digarap sebagai sampingan tanpa harus meninggalkan tugas utama seorang guru yakni mengajar.

Selain itu, usaha bersama antara pemilik lahan dengan petani pengolah lahan.  Lahan bisa digarap dengan sistem bagi hasil mengingat banyak petani dan tanah yang subur sehingga menjadikan kerjasama ini juga sama-sama menguntungkan sebagaimana prinsip ekonomi syariah.

Guru-guru sangat antusias mengikuti kegiatan. Seluruh pihak Madrasah di Kab. Bombana sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Prodi Ekonomi Syariah Pascasarjana IAIN Kendari.

Kepala MAN 1 Bombana Suadi, M.Pd Mengatakan “kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat untuk seluruh guru madrasah di Kab. Bomabana, dikarenakan masih banyak masyarakat khususnya guru yang masih awam dengan wawasan ekonomi berbasis syariah”

Selanjutnya para Guru Madrasah berharap kegiatan ini rutin untuk dilaksanakan karena banyak manfaat dan ilmu yang bisa mereka dapatkan.