Seminar Pascasarjana, Direktur: Kita Ramu Paragdigma Transdisipliner di Pascasarjana IAIN Kendari

 

Kuliah perdana Pascasarjana IAIN Kendari diawali dengan kegiatan seminar bertema peningkatan mutu Pascasarjana melalui pengembangan kurikulum transdisipliner. Seminar yang berlangsung pada Sabtu, 23 September 2023, ini dihadiri oleh mahasiswa dan sebagian dosen Pascasarjana IAIN Kendari.

Tema transdisipliner terus menerus menjadi bahan kajian dalam lingkup IAIN Kendari sebab tema tersebut adalah capaian visi IAIN Kendari tahun 2045.

Direktur Pascasarjana, Dr. La Hadisi, S.Ag,M. Pd.I, menilai bahwa pada dasarnya konsep transdisipliner bisa juga diguanakan dalam kehidupan sehari-hari. Terutama bagaimana pemecahan suatu masalah dilihat menggunakan pendekatan transdisiplin.

“Jadi tidak sekadar mendialogkan masalah, tetapi bagaimana setelah dialog antar ilmu ini muncul konsep-konsep baru. Nah pada titik ini, Pascasarjana akan meramu visi keilmuan IAIN Kendari dan visi Rektor, Pak Dr. Husain Insawan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Dr. La Hadisi, M.Pd.I menguraikan bahwa dalam konteks perkembangan teknologi, transdisipliner menemukan momentumnya untuk tampil jadi jembatan antar berbagai disiplin ilmu yang lama kelamaan terlihat kaku merespon situasi kontemporer.

Dalam seminar itu, selain lima Kaprodi dan mahasiswa baru Pascasarjana, dosen-dosen lingkup IAIN Kendari juga turut hadir. Adapun dua pemateri adalah Ketua Dewan Pakar Asosiasi Psikologi Islam, Prof. Dr. Abd Mujib, M.Ag, M.Si, dan Ketua DPP GP Ansor, H Ruchman Basori, S.Ag, M.Ag.

Acara dibuka langsung oleh Rektor, Dr. Husain Insawan, M.Pd.