Pascasarjana IAIN Kendari Gelar Seminar Nasional Bahas Diskursus Pendidikan Menuju Kampus Merdeka

Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari menggelar Seminar Nasional dengan tema “Diskursus Pendidikan yang Memberdayakan Menuju Kampus Merdeka” pada hari Selasa, 28 Mei 2024. Seminar ini menghadirkan dua narasumber ternama, yaitu Prof. Dr. Hj. Herwina Bahar, MA, Direktur Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Jakarta dan Prof. Dr. Muhaemin, S.Pd.I, MA, Direktur Pascasarjana IAIN Palopo.

Acara dibuka dengan sambutan Rektor IAIN Kendari yang diwakili oleh Wakil Rektor II IAIN Kendari, Dr. Nurdin, S.Ag, M.Pd. Dalam sambutannya, Dr. Nurdin menyampaikan apresiasi atas kehadiran para narasumber dan mengangkat tiga poin penting untuk didiskusikan dalam seminar. Pertama, bagaimana Kampus Merdeka dapat memberdayakan mahasiswa Pascasarjana dan S1. Kedua, peluang dan tantangan Kampus Merdeka beserta langkah strategis dalam implementasinya. Ketiga, peran lembaga institusi, masyarakat, dan pemerintah dalam mendukung Kampus Merdeka Merdeka Belajar.

Direktur Pascasarjana IAIN Kendari, Dr. La Hadisi, dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa seminar nasional ini merupakan agenda rutin Pascasarjana sebagai wadah pengembangan ilmu pengetahuan. Ia berharap para peserta dapat mengikuti seminar dengan seksama dan penuh perhatian.

Seminar Nasional ini juga menjadi momen penting dengan dilakukannya penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pascasarjana IAIN Kendari, Pascasarjana IAIN Palopo, dan Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Jakarta dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi. MoU ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan sinergi antar lembaga dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Seminar Nasional ini diikuti oleh Dosen dan Mahasiswa Lingkup IAIN Kendari. Para peserta tampak antusias mengikuti pemaparan materi dan diskusi yang berlangsung selama seminar.

penulis : Ibnu Sina Al Hakim

Editor : Ahmad Ghifari Tetambe